Prestasi Mahasiswa

Mahasiswi prodi PGPAUD FKIP UAD, meraih kejuaraan di ajang Nasional Afiliasi Taekwondo Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Indonesia (ATF UI) Taekwondo Champion

ship Tahun 2023. Kompetisi ini berlangsung di Balairung UI pada tanggal 2-4 Juni 2023.

Kejurnas ATF UI Taekwondo Champ

ionship yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik UI ini merupakan ajang mencari bakat atlet taekwondo muda Indonesia. Dalam kejuaraan ini dua Mahasiswi Prodi PGPAUD FKIP UAD yakni Siti Nur Azizah meraih Perak Poomsae dan Nanda Mutiara Aditama Ar Rachman meraih Perak Kyorugi.

Bonang. Dua mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Siti Nur Azizah dan Nada Mutiara Ar-Rachman yang tengah menempuh studi di PAUD Program Pendidikan Guru Pendidikan(PGPAUD) UAD berhasil meraih medali emas dengan mengalahkan ribuan peserta dalam kejuaraan tersebut. Prestasi luar biasa mereka ada di berbagai kategori. Azizah berhasil meraih medali emas pada kategori Poomsae Pemula dengan bertanding melawan 226 peserta
Di sisi lain, Nada meraih medali emas pada kategori Kyorugi Pemula dengan bersaing melawan 1.814 peserta. Prestasi menggembirakan tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi UAD yang senantiasa mendukung mahasiswanya meraih prestasi di berbagai bidang. Azizah mengungkapkan kebahagiaannya atas pencapaian tersebut dengan mengatakan, “Saya sangat senang bisa menerima medali emas ini. Ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi selama latihan. Saya bertekad untuk terus berlatih dengan tekun agar semakin baik setiap harinya.”

Banten, pada 27-29 Oktober 2023. Kejurnas Taekwondo berlangsung di GOR Stadion Indoor

Selain berprestasi di dunia taekwondo, Azizah juga mendorong rekan-rekan mahasiswanya di kampus untuk mengikuti kegiatan non-akademik, seperti Unit Kegiatan Mahasiswa Taekwondo (UKM Taekwondo). Ia menekankan pentingnya memanfaatkan waktu luang di luar perkuliahan untuk melakukan kegiatan yang berkontribusi terhadap prestasi non-akademik. “Kita juga harus mengupayakan prestasi di luar bidang akademik. Alangkah baiknya jika kita bisa mengisi waktu luang dengan mengejar prestasi di UKM Taekwondo,” imbuhnya. Kejuaraan ini memiliki makna tersendiri karena diselenggarakan di bawah naungan PENGPROF TI Banten dan Tim Prabu Taekwondo.

Mereka berhasil menciptakan wadah bagi para atlet muda untuk menunjukkan kemampuannya dan menginspirasi generasi muda untuk terus berlatih dan berkembang di dunia taekwondo. Prestasi luar biasa yang diraih kedua mahasiswa PGPAUD UAD ini menjadi bukti bahwa dedikasi dan kerja keras mampu membuahkan prestasi yang luar biasa. UAD bangga memiliki mahasiswa yang berprestasi di berbagai bidang, baik akademik maupun non-akademik. Semoga prestasi yang mereka raih menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus bertekun dan meraih kesuksesan dalam segala bidang.

Tim mahasiswa dari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) mewakili Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dalam  ajang  Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2023. Ajang bergengsi bagi mahasiswa seluruh Indonesia ini akan digelar pada 26 November hingga 1 Desember 2023 di Universitas Padjajaran Bandung. Kelima mahasiswa PKM bakti sosial tersebut adalah Mita Nurpitasari, Mariana Wahyu Listyati, Shalma Risanangta, Yulia Gesti Merkuri (prodi PPKN) dan Diah Ayu Praharani. Para mahasiswa ini menampilkan inovasi terbaiknya di bawah bimbingan Avanti Vera Risti Pramudyan, M.Pd., dosen PGPAUD UAD.

Tim ini mengusung judul “AVOID Game (Strategic Abduction Evasionance) Sebagai Pelatihan Pencegahan Penculikan Anak di TK ABA Danunegaran Yogyakarta”. Sebutan ini sesuai dengan peningkatan kasus penculikan anak di Indonesia pada tahun 2018 hingga 2022 menurut KPAI 2022. Selain itu, terdapat empat kasus percobaan penculikan sepanjang tahun 2023. Peristiwa tersebut menimbulkan kekhawatiran para orang tua terhadap keselamatan anaknya di tempat umum. Hal ini diperkuat dengan adanya informasi terpadu tentang Upaya Penculikan di TK ABA Danunegara.

Permainan HINDARI ini merupakan salah satu inovasi yang diciptakan mahasiswa untuk mengatasi fenomena penculikan anak. Permainan ini menambah pengetahuan dan pemahaman siswa, guru, dan orang tua tentang pentingnya pencegahan penculikan anak. Selain itu, permainan ini memberikan pelatihan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan siswa untuk menghindari penculikan anak. Langkah-langkah tersebut dikemas oleh tim PKM-PM menjadi metode yang menyenangkan.

Avanti Vera selaku pembimbing berharap produk yang dibuatnya dapat menjadi upaya pencegahan penculikan anak. “Kedepannya produk game ini dapat menjadi bahan penguatan profil mahasiswa Pancasila dalam dimensi keberagaman global,” tambah Avanti Vera. Saat ini, tim PKM-PM yang diketuai oleh Mita sedang mempersiapkan program pencegahan penculikan anak. “Tim berharap bisa meraih medali emas dan membawa pulang piala,” ujar kelima mahasiswa berprestasi tersebut.

Click here to add your own text

Kampus 5

Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Ki Ageng Pemanahan Gg. Cucut No.19, Sorosutan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55162
Telepon : (0274) 563515, 511830, 379418, 371120 Ext. –
Faximille : 0274-564604
Email : info[at]pgpaud.uad.ac.id

Daftar di UAD dan kembangkan potensimu dengan banyak program yang bisa dipilih untuk calon mahasiswa

Informasi PMB
Universitas Ahmad Dahlan

Telp. (0274) 563515
Hotline PMB
S1 – 0853-8500-1960
S2 – 0878-3827-1960