Workshop Evaluasi Kurikulum PAUD 2020
Yogyakarta, 09 September 2024 – Pada hari Senin, 9 September 2024, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan kegiatan Workshop Evaluasi Kurikulum PAUD 2020. Acara ini dimulai pukul 08.30 WIB dan dihadiri oleh dosen serta tenaga kependidikan PGPAUD UAD, yang berlangsung di kampus UAD.
Acara dibuka dengan sambutan hangat dari Dr. Riana Mashar, M.Si., Psi, yang menyampaikan pentingnya evaluasi kurikulum dalam konteks pendidikan anak usia dini. Dalam sambutannya, Dr. Riana Mashar mengungkapkan bahwa kurikulum yang dirancang harus mampu memberikan bekal keterampilan dan pengetahuan yang relevan sesuai dengan tujuan pendidikan. Beliau juga menekankan pentingnya desain kurikulum yang dapat memandirikan mahasiswa, agar mereka tidak hanya menjadi penerima informasi, tetapi juga mampu mengaplikasikan pengetahuan secara mandiri dan efektif.
Selanjutnya, kegiatan workshop dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ibu Avanti Vera Risti Pramudyani, M.Pd., selaku PIC kegiatan. Dalam presentasinya, Ibu Avanti Vera menyampaikan isi dari visi PGPAUD UAD 2020 yang berfokus pada pengembangan ilmu pendidikan dan pembelajaran anak usia dini. Visi tersebut mencakup pendekatan konstruktivistik, diferensiasi, serta penanaman nilai-nilai Islam dalam setiap aspek kurikulum. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kurikulum yang tidak hanya mendidik secara akademis tetapi juga membentuk karakter dan nilai moral pada anak usia dini.
Workshop ini berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan sesi diskusi yang produktif. Dalam sesi ini, dosen dan tenaga kependidikan PGPAUD UAD terlibat dalam dialog konstruktif mengenai penyusunan dan perbaikan kurikulum PAUD. Diskusi tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa kurikulum yang diterapkan tidak hanya memenuhi standar akademis tetapi juga relevan dengan kebutuhan perkembangan anak dan dijiwai dengan nilai-nilai islam.
Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan PGPAUD UAD untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia, dengan mengintegrasikan teori, praktik, dan nilai-nilai budaya islam yang relevan. Kami berharap hasil dari workshop ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan kurikulum yang lebih baik untuk PGPAUD UAD.