Dr. Riana Mashar: “TEKNIK DAN KETERAMPILAN KONSELING PADA ANAK USIA DINI”
Yogyakarta, 2 April 2023 – Kaprodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Dr. Riana Mashar, M.Si., Psikolog, menjadi narasumber pada kegiatan Workshop Spesial Ramadhan dengan tema “Teknik dan Keterampilan Konseling Pada Anak Usia Dini” yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (HIMAPENASIDIN) Universitas Islam Nusantara. Kegiatan tersebut berlangsung pada Minggu (2/04/2023) melalui Zoom Meeting.
Dalam sesi tersebut, Dr. Riana Mashar menyampaikan bahwa Play Therapy merupakan sebuah pendekatan dalam konseling yang menggunakan permainan sebagai alat utama untuk membantu anak-anak mengekspresikan perasaan, memahami pengalaman mereka, dan mengembangkan keterampilan sosial serta emosional.
“Play Therapy memungkinkan anak-anak untuk mengekspresikan perasaan mereka dengan cara yang paling alami bagi mereka, yaitu melalui permainan,” ujar Dr. Riana. “Dengan menggunakan permainan, kita dapat membantu anak-anak untuk mengatasi berbagai masalah emosional dan sosial yang mungkin mereka hadapi.”
Selain itu, Dr. Riana menambahkan bahwa Play Therapy dapat bermanfaat untuk mengurangi kecemasan, meningkatkan kreativitas, meningkatkan komunikasi serta memperkuat hubungan. “Melalui Play Therapy, anak-anak dapat belajar cara berkomunikasi dengan lebih baik, mengembangkan kreativitas mereka, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan orang-orang di sekitar mereka,” jelasnya.
Kegiatan Workshop Spesial Ramadhan ini dihadiri oleh mahasiswa, pendidik, dan praktisi di bidang pendidikan anak usia dini yang sangat antusias mengikuti paparan dan diskusi yang disampaikan oleh Dr. Riana Mashar. Para peserta berharap dapat menerapkan teknik dan keterampilan yang telah dipelajari dalam kegiatan sehari-hari mereka.
HIMAPENASIDIN Universitas Islam Nusantara sebagai penyelenggara acara ini berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan untuk memberikan wawasan dan keterampilan baru bagi para pendidik dan praktisi di bidang pendidikan anak usia dini.