Workshop Evaluasi Kurikulum 2020 PGPAUD FKIP UAD
Prodi PGPAUD FKIP Universitas Ahmad Dahlan telah sukses menyelenggarakan Workshop Evaluasi Kurikulum 2020 pada Hari Sabtu 10 Agustus 2024 di Kampus 5 UAD. Acara ini menghadirkan dua narasumber utama, yaitu Prof. Dr. Suyatno, M.Pd.I., dan Prof. Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M.Pd., yang membawakan materi tentang “Pengembangan Visi Misi FKIP UAD ke Kurikulum Prodi PGPAUD” serta “Review Kurikulum PGPAUD”.
Workshop ini dihadiri oleh tamu undangan dari berbagai kalangan, termasuk perwakilan dari Dinas Pendidikan Yogyakarta, PWA Dikdasmen Kota, Kepala IGTK Yogyakarta, Kepala IGABA Yogyakarta, HIMAPAUDI, Kepala Sekolah Pengguna Alumni PGPAUD UAD, Kepala Sekolah Mitra PGPAUD UAD, Dosen PGPAUD, mahasiswa PGPAUD, serta alumni PGPAUD UAD.
Acara dimulai dengan sambutan dari Kaprodi PGPAUD, Ibu Dr. Riana Mashar, S.Psi., M.Si., Psiko, yang menyambut hangat para tamu undangan. Kemudian, Prof. Dr. Suyatno, M.Pd.I., memaparkan materi pertama tentang “Pengembangan Visi Misi FKIP ke Kurikulum PGPAUD”. Dalam paparannya, beliau menekankan pentingnya tiga unsur dalam visi FKIP, yaitu Inovatif, Islami, dan Unggul, yang diharapkan dapat menjadi landasan bagi PGPAUD dalam mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan IPTEKS dan kebutuhan masyarakat. Sesi pertama ini ditutup dengan diskusi interaktif antara narasumber dan para tamu undangan, serta sesi foto bersama.
Sesi kedua dilanjutkan dengan pemaparan dari Prof. Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M.Pd., yang memfokuskan pada hasil review kurikulum Prodi PGPAUD UAD. Beliau menyarankan agar rincian kemampuan lulusan pada profil pertama (calon guru PAUD) disusun lebih sistematis, dengan penekanan pada aspek-aspek utama kompetensi yang relevan dengan “Model Kompetensi Guru”. Setelah presentasi, sesi ini juga diakhiri dengan diskusi dan foto bersama.
Workshop Evaluasi Kurikulum PGPAUD 2020 ini memberikan kontribusi penting bagi Prodi PGPAUD UAD dalam menyusun kurikulum yang lebih baik untuk proses pembelajaran mahasiswa di masa mendatang, sehingga diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia yang berlandaskan pada nilai-nilai Islami.